Kisah Sebuah Pesawat Nazi Yang Singgah Di Bali - Menulis Sejarah l Catatan Dunia

Saturday, July 01, 2017

Kisah Sebuah Pesawat Nazi Yang Singgah Di Bali

Kisah Sebuah Pesawat Nazi Yang Singgah Di Bali

Pesawat Nazi yang pernah singgah di Bali. @Doc. Oktorino, Nino. 2015. Nazi di Indonesia – Sebuah Sejarah yang terlupakan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. 
Di dalam buku Theo Meier A Swiss Artist Under the Tropics, penulis Didier Hamel melampirkan sebuah foto pesawat terbang Arado Ar 79 yang berlogo swastika Nazi dengan beberapa wanita Bali yang didokumentasikan oleh Meier pada Bulan Januari 1938. Penerbangan pesawat terbang itu sendiri diketahui merupakan bagian dari perlombaan yang marak pada dasarwangsa 1930-an di antara negara-negara industri pesawat terbang untuk memperlihatkan keunggulan pabrik serta negara mereka dalam dunia penerbangan atau dirgantara.

Pesawat Ar 79 yang singgah di Bali diterbangkan oleh pilot yang bernama Oberstfuhrer Pulkowski dan Oberstfuhrer Jenett. Mereka berdua menerbangkan pesawat tersebut dengan tujuan menciptakan rekor penerbangan dengan rute jalur yang ditempuh Brandenberg-Sydney-Berlin dan sekaligus mengharumkan nama Reich Ketiga. Pesawat yang mereka terbangi merupakan sebuah pesawat bermesin tunggal dengan berawak dua orang, yakni Ar 79 sendiri memiliki jangkauan terbang normal hingga sekitar 1.000 km.

Pesawat yang sebelumnya take off dari Brandenberg, Austria dan telah melawati beberapa daerah seperti Libya, India, Thailand, Indonesia (Medan, Batavia (Jakarta), Surabaya, dan Buleleng), serta Darwin, dan akhirnya berhasil mencapai tujuan mereka di Sydney, Australia. Setelah mencapai Australia, pesawat tersebut kemudian melanjutkan penerbangan kembali menuju Jerman (Berlin) dengan mengambil rute melintasi Sulawesi dan Balikpapan, sebelum kembali singgah ke Surabaya dan melanjutkan terbang ke Bangkok.

Saat perjalanan kembali ke Jerman, ternyata Pesawat Ar 79 yang dipiloti oleh Oberstfuhrer Pulkowski tidak pernah lagi kembali. Hingga terdengar kabar, pada tanggal 10 Februari 1938, Oberstfuhrer Pulkowski sang pilot terbunuh (meninggal) saat melakukan demontrasi penerbangan di langit India. Pesawat yang dia kemudikan menabrak seekor burung.  Oberstfuhrer Jenett yang menemani penerbangan Oberstfuhrer Pulkowski, berhasil selamat berhasil selamat dalam insiden tersebut. Selanjutnya, Oberstfuhrer Pulkowski kemudian kembali ke negerinya. Di sana, Oberstfuhrer Pulkowski dipercaya memimpin sebuah unit udara, yakni Luftwaffe selama Perang Dunia II. Oberstfuhrer Pulkowski yang kembali selamat dari Perang Dunia II, kemudian pensiun dengan pangkat terakhirnya sebagai mayor jenderal dalam angkatan udara Republik Federal Jerman.


Sumber:
Oktorino, Nino. 2015. Nazi di Indonesia – Sebuah Sejarah yang terlupakan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. 

No comments:

Post a Comment