Tentang Menulis Sejarah (MS)

Tentang Menulis Sejarah (MS)

Tentang Menulis Sejarah (MS)

Menulis Sejarah (MS) merupakan kumpulan informasi dari beberapa sumbangan tulisan  masyarakat terkait dengan sejarah dunia, nasional, dan lokal yang kemudian dipublikasi melalui media berupa blog. MS pertama kali dibuat tanggal 12 Maret 2017 di Banda Aceh, oleh Muhammad Saifullah seorang penulis sekaligus wartawan media online lulusan Sarjana Pendidikan Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Syiah Kuala.

Dibentuknya Menulis Sejarah (MS) bertujuan untuk menyebarkan serta berbagi informasi kepada masyarakat sekaligus menjadi wadah untuk para sejarawan ataupun pegiat sejarah dalam menuangkan tulisan sejarah. Selain itu, diharapkan dengan adanya wadah Menulis Sejarah, masyarakat dapat memperoleh informasi yang berkaitan dengan sejarah.

Menulis Sejarah (MS) memiliki tekad untuk membiasakan masyarakat gemar dalam menulis dan suka membaca. Hal ini dikarenakan, perubahan sebuah bangsa yang ada di dunia dilatarbelakangi dari hal terkecil, yaitu rakyat yang gemar membaca dan menulis.

Ada beberapa tokoh yang mengatakan pentingnya menulis, mempelajari, dan membaca sejarah, di antaranya:

Ir. Soekarno
"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya." 

Pramoedya Ananta Toer
“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.” 

Emha Ainun Nadjib 
“Agama diajarkan kepada manusia agar ia memiliki pengetahuan dan kesanggupan untuk menata hidup, menata diri dan alam, menata sejarah, kebudayaan, politik.”

George Santayana
“Mereka yang tidak mengambil pelajaran dari sejarah, maka mereka ditakdirkan untuk mengulanginya.”

Editor Menulis Sejarah
“Kerugian terburuk dalam hidup adalah tidak menjadikan masa lalu sebagai cerminan di masa depan.”


***
Kontak Email:
redaksi.menulissejarah@gmail.com

Menulis Sejarah (MS) menerima kiriman tulisan terkait dengan sejarah dari para pembaca. Tulisan berupa sejarah lokal, sejarah nasional, dan sejarah internasional maupun sejarah tokoh serta sejarah lembaga atau organisasi.

Kirimkan ke editor: redaksi.menulissejarah@gmail.com dengan menyertakan biodata diri (Bagi sejarah tokoh dan lembaga atau organisasi disertai dengan foto).

Agar artikel tulisan sejarah yang dikirim dapat lebih terpercaya, mohon disertakan dengan sumber kutipan tulisan.
Comments
0 Comments

0 Comment for "Tentang Menulis Sejarah (MS)"

Back To Top