Organization Of The Petroleum Exporting Countries (OPEC) - Menulis Sejarah l Catatan Dunia

Monday, March 13, 2017

Organization Of The Petroleum Exporting Countries (OPEC)

Organization Of The Petroleum Exporting Countries
(OPEC)

Gambar Logo OPEC @Doc. Google
Terkait Organization Of The Petroleum Exporting Countries (OPEC)
Di dunia ini kita ketahui, banyak negara-negara yang dapat menghasilkan minyak baik itu pengeboran minyak lepas pantai ataupun pengeboran minyak yang dilakukan di daratan. Minyak merupakan aset dari penghasilan terbesar dari sebuah negara yang dapat mendongkrak perekonomian negara tersebut. Sehingga banyak negara-negara yang menghasilkan minyak atau sebagai produsen minyak dapat sesuka hatinya mematok harga minyak tersebut, sehingga secara tidak langsung dapat merugikan negara-negara yang mengkonsumsi atau sebagai pemakai yang tidak dapat memproduksi minyak sendiri. Hubungan kerja sama ekonomi internasional bisa dikatakan mempunyai cakupan yang luas daripada perdagangan internasional. Oleh karena itu hubungan kerja sama ekonomi internasional merupakan hubungan antara beberapa negara atau suatu negara dengan negara lainnya di dalam bidang ekonomi. Hubungan itu bisa melalui perjanjian atau pun kesepakatan tertentu, saling menguntungkan, dan dengan memegang prinsip keadilan. Hal ini yang kemudian membuat negara-negara penghasil minyak mencoba bekerja sama untuk dapat mengontrolnya sehingga terbentuklah sebuah organisasi yang bernama Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC).

Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC) merupakan sebuah organisasi negara-negara pengekspor minyak. Organisasi ini didirikan agar masing-masing negara penghasil minyak dalam mengambil keputusan serta kebijakan dalam bidang perminyakan serta harga minyak dapat memberikan keuntungan bagi negara-negara produsen atau pun anggota. Oleh karena itu organisasi ini berdiri agar nantinya mencegah persaingan yang tidak sehat dari negara-negara penghasil minyak di dunia.

Di Era Globalisasi seperti saat ini, pelaksanaan pembangunan di Indonesia dan negara-negara lainnya sangat berkaitan erat dengan peraturan-peratuan atau komitmen-komitmen dunia (global) di dalam bidang ekonomi, transaksi keuangan, perdagangan, dan lain-lain. Indonesia bagian dari anggota Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dan berbagai lembaga lain di bawahnya, serta berada di gerakan Non-Blok.

Indonesia merupakan salah satu negara anggota yang aktif di badan-badan keuangan maupun program-program PBB serta beberapa organisasi antar pemerintah seperti gerakan Non-Blok. Selain itu, Indonesia juga terlibat di berbagai hubungan kerja sama dengan negara lain baik itu secara regional maupun global seperti ASEAN, APEC. dan WTO. Indonesia sangat berperan secara aktif di dalam kerja sama dalam program-program Technical Cooperation Between Developing Countries (TCDC) untuk menunjukkan semangat internasionalnya. Program yang dijakankan seperti penyelenggaraan training dan penyediaan tenaga ahli bagi negara-negara yang belum berkembang seperti yang ada di Asia dan Afrika. 

Indonesia juga melakukan hubungan kerja sama dengan menandatangani perjanjian dagang internasional. Indonesia melakukan hubungan dengan negara-negara ASEAN, APEC, WTO, AFTA, dan OPEC. Salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan dan majunya ekonomi Indonesia selama ini dikarenakan mengalirnya dana melalui penanaman modal langsung dan investasi portofolio, bantuan dana pembangunan atau Official Development Assistant (ODA) yang berupa pinjaman lunak, pinjaman komersial, dan hibah.

Artikel Terkait:

Daftar Sumber:
Bappenas, 2008. Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC). (Online). (Diakses Senin 13 Maret 2017).
BBC Indonesia. 2008. Indonesia Akan Tinggalkan OPEC. (Online). (Diakses Senin Senin 13 Maret 2017).
Ibu Nuur. 2013. Sejarah dan Latar Belakang Organisasi. (Online). (Diakses Senin 13 Maret 2017).
Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC). (Online). (Diakses Senin 13 Maret 2017).
Robbins, Stephen P.,2006. Prilaku Organisasi: Kelompok Gramedia.
Sejarah Negara. Sekilas Tentang OPEC. (Online) (Diakses Senin 13 Maret 2017).
Wikipedia. OPEC. (Online). (Diakses Minggu 12 Maret 2017).
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment