Organisasi dan Manajemen OPEC - Menulis Sejarah l Catatan Dunia

Sunday, July 16, 2017

Organisasi dan Manajemen OPEC

Organisasi dan Manajemen OPEC

Gambar Logo OPEC @Doc. Google.
Organisasi dapat diartikan sebagai satu kesatuan yang terdiri dari dua orang atau lebih dan memiliki tujuan yang sama. Menurut Stephen (4:2006) organisasi merupakan sebuah unit sosial yang dengan sengaja dikelola, yang terdiri atas dua orang atau lebih, yang berfungsi secara relatif dan terus menerus untuk mencapai suatu sasaran atau serangkaian sasaran bersama. Oleh karena itu, untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan maka harus dibentuk manajemen yang akan menjalankan setiap rencana dan tugas agar lebih terarah atau terorganisir.

Di dalam Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC) juga memiliki manajeman organisasi yang mengatur tugas dari lembaga. Adapun manajemen dalam tubuh OPEC terdiri dari Konferensi, Dewan Gubernur, dan Sekretaris (Sekjen), serta dibantu dengan badan-badan lainnya.

1. Konferensi
Konferensi OPEC merupakan bagian manajemen tertinggi yang ada di dalam tubuh OPEC, berupa pertemuan yang dilaksanakan sebanyak dua kali dalam setahun. Akan tetapi, pertemuan tersebut dapat dilaksanakan lebih atau extraordinary, apabila diperlukan.

Konferensi OPEC dipimpin oleh Presiden dan Wakil Presiden OPEC yang dipilih berdasarkan hasil dari keputusan konferensi pada saat pertemuan. Di dalam pelaksanaannya, konferensi dijalankan berdasarkan dari wakil-wakil atau delegasi setiap negara anggota OPEC. Semua negara anggota yang telah terwakilkan mempunyai satu hak suara di dalam konferensi. Oleh karena itu, keputusan yang diambil dalam konferensi merupakan persetujuan yang didapatkan dari negara-negara anggota.

Tugas dari Konferensi OPEC yakni merumuskan kebijakan umum organisasi dan mencari upaya  untuk mengimplementasikan kebijakan. Sehubungan dengan itu, pertemuan Konferensi OPEC juga bertugas mengukuhkan penunjukan anggota Dewan Gubernur dan Sekretaris Jenderal OPEC.
2. Dewan Gubernur
Dewan Gubernur OPEC merupakan kumpulan gubernur yang telah dipilih oleh masing-masing anggota negara OPEC sebagai perwakilan dalam bersidang. Gubernur yang terpilih melaksanakan sidang Dewan Gubernur sedikitnya dua kali dalam satu tahun. Pertemuan lebih (extraordinary) Dewan Gubernur OPEC dapat dilaksanakan atas permintaan Ketua Dewan, Sekretaris Jenderal, atau 2/3 dari anggota Dewan Gubernur OPEC.

Dewan Gubernur OPEC memiliki beberapa tugas yang, yakni sebagai berikut:
  • Melaksanakan keputusan Konferensi OPEC; 
  • Memutuskan dan mempertimbangkan laporan-laporan yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal OPEC; 
  • Memberikan rekomendasi dan laporan kepada pertemuan Konferensi OPEC;
  • Membuat anggaran keuangan organisasi dan menyerahkan kepada Sidang Konferensi setiap tahun; 
  • Mempertimbangkan semua laporan keungan dan menunjuk seorang auditor untuk masa tugas selama satu tahun; 
  • Menyetujui penunjukan direktur-direktur divisi, kepala bagian yang diusulkan negara anggota; 
  • Menyelenggarakan pertemuan Extraordinary Konferensi OPEC dan mempersiapkan agenda sidang. 

Dewan Gubernur dipimpin seorang Ketua dan Wakil Ketua yang berasal dari para Gubernur OPEC yang telah dipilih oleh negara-negara anggota dan telah disetujui dalam Pertemuan Konferensi OPEC dengan masa jabatan selama satu tahun.

3. Sekretaris Jenderal (Sekjen)
Sekretaris Jenderal (Sekjen) merupakan badan pelaksana eksekutif organisasi yang sesuai dengan statuta dan pengarahan dari Dewan Gubernur. Sekjen juga merupakan wakil resmi dari lembaga OPEC yang telah dipilih. 

Pemilihan Sekjen dilakukan setiap tiga tahun sekali sesuai dengan lamanya periode tugas. Akan tetapi, tugas Sekjen dapat diperpanjang (terpilih kembali) satu kali untuk periode masa jabatan yang sama. Sehubungan dengan itu, untuk dapat menjabat, Sekretaris Jenderal harus berasal dari salah satu negara anggota OPEC.

Di dalam menjalankan tugasnya, Sekjen bertanggung jawab kepada Dewan Gubernur dengan mendapat bantuan dari para kepala divisi dan bagian yang sudah dibentuk.

Daftar Sumber:
Bappenas, 2008. Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC). (Online). (Diakses Senin 13 Maret 2017).
BBC Indonesia. 2008. Indonesia Akan Tinggalkan OPEC. (Online). (Diakses Senin Senin 13 Maret 2017).
Ibu Nuur. 2013. Sejarah dan Latar Belakang Organisasi. (Online). (Diakses Senin 13 Maret 2017).
Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC). (Online). (Diakses Senin 13 Maret 2017).
Robbins, Stephen P.,2006. Prilaku Organisasi: Kelompok Gramedia.
Sejarah Negara. Sekilas Tentang OPEC. (Online) (Diakses Senin 13 Maret 2017).
Wikipedia. OPEC. (Online). (Diakses Minggu 12 Maret 2017).

Penulis: 
Mhd. Saifullah
Editor:

No comments:

Post a Comment